selamat datang.. mari share segala informasi ^^

Jumat, 21 Januari 2011

anjing jantan mencari cinta :D

berhari-hari jimbo tidak pulang. kristin sudah rindu sekali dengan anjing kesayangannya itu. saat bermain ke blok c, kristin dan mamanya melihat jimbo. alangkah senang perasaan kristin. jimbo langsung di angkat ke atas motor sambil dipegangi kristin untuk di bawa pulang. tapi seketika jimbo melompat dari atas motor. rupanya anjing itu tidak mau pulang. berkali-kali kristin membujuk anjingnya tapi tetap dia tidak mau pulang.kristin pun menjadi sedih sampai-sampai ingin menelpon papanya. tapi tentu saja dilarang sang mama, karena ini cuma perkara sepele. mama khawatir kristin mengganggu papa yang sedang bekerja. akhirnya kristin dan mamanya pun pulang. dalam pikiran kristin kenapa anjing itu tidak mau pulang? apa dia tidak betah di rumah? apa makanannya tidak enak atau kurang? kristin terus memikirkan anjing kesayangannya itu. lalu ia bertanya kepada mamanya, "ma, emang kenapa sih jimbo ga mau pulang?". "paling juga ketemu anjing betina", jawab mama sambil tertawa. "ah masa si ma? dia mau punya anak ya? ntar kita liat lagi ya ma." kristin semakin penasaran. "iya lah. emang orang doang yang bisa pacaran? anjing juga bisa!" sang mama menambahkan.

saya yang mendengar cerita tetanggaku itu menjadi tertawa dan berfikir, rupanya anjing juga punya naluri untuk mencari pasangan. trus kalo anjing jantan PDKT sama anjing betina gimana ya? :D saya pun semakin penasaran karena tingkah si jimbo yang lucu. akhirnya saya mencari informasi tentang perkembangbiakan anjing.

ternyata perkawinan anjing tidak mudah lho. anjing betina rupanya mengalami menstruasi juga seperti manusia (lucu yaa). anjing betina mengalami menstruasi 2 kali setahun, artinya masa subur anjing betina hanya 6 bulan sekali yang dikenal dengan istilah loops. masa itu anjing dalam kondisi birahi dan siap dikawinkan. meskipun masa subur betina lama, tetapi hanya 3 hari saja yang efektif untuk mengawinkannya. 

menstruasi ditandai dengan vagina yang membengkak. darah merah keluar dari vagina lalu jatuh ke tanah. pengeluaran darah awalnya berwarna merah tua, lalu menjadi merah muda dan akhirnya menjadi kekuningan. saat darah berwarna kuning berarti anjing betina siap dikawinkan. biasanya, hari yang tepat sebagai masa subur pada hari ke-11 sampai ke-17 yang dihitung dari hari pertama menstruasi. namun hanya ada 3 hari pas yang digunakan untuk perkawinan, yaitu hari ke-11 sampai ke-13. wahhh wahhh wahh bener-bener mirip manusia aja ya!

gimana kita tau tuh anjing siap kawin apa engga? ternyata caranya cukup mencolek bagian tubuh sekitar kelaminnya. kalo ekornya melipat ke kanan dan ke kiri berarti sudah siap dikawinkan. perilaku anjing betina biasanya genit, suka mendekati dan mencari perhatian anjing jantan. anjing betina lebih bergairah dan cenderung menyodorkan bagian belakang tubuhnya untuk dipegang atau dibelai. waduhhh dah ngebet banget kali ya, hihihi. 

biasanya anjing melakukan perkawinan secara alami. anjing pejantan tampak aktif mendekati anjing betina. anjing betina pun malu-malu mendekati pejantan. ternyata prosesnya sama seperti hubungan intim manusia, jadi disensor aja yah, hehe. biasanya proses perkawinan dilakukan lebih dari sekali untuk mengantisipasi gagalnya sperma membuahi telur. masa kehamilan anjing betina biasanya berlangsung selama 55-65 hari. ketika melahirkan ternyata anjing bisa saja mengalami muntah-muntah. bener-bener ibu hamil :D

>meskipun saya seorang muslim dan tidak ingin memelihara anjing, tapi info ini cukup bermanfaat menambah wawasan saya. semoga begitupun dengan anda ^^

2 komentar: