selamat datang.. mari share segala informasi ^^

Minggu, 13 Maret 2011

20 tahun lagi.. semoga kalian masih ingat…


Hari itu pak zul, dosen kimia organik lanjutan ku menjelaskan materi tentang macam-macam pemutusan ikatan pada senyawa organik. Pada awal pelajaran ia berkata, saya harap kalian sudah lupa materi ini, jadi tepatlah jika saya mengulang materi ini. Ada berberapa jenis pemutusan ikatan yang dapat terjadi pada senyawa organik. yang pertama, pemutusan ikatan senyawa homolitik (senyawa yang sama penyusunnya). contohnya pemutusan ikatan A dengan A.

A dengan A adalah pasangan suami istri.
A1 : saya rasa kita sudah tidak cocok saya ingin kita berpisah saja dan mengambil jalan masing-masing.
A2 : Oke, kalau itu maumu, tapi saya ingin harta gono-gini dibagi rata. bagaimana?
A1 : Setuju. kita punya 2 elektron, kalau begitu satu untukmu dan satu untuk ku. deal?
A2 : Deal :)

maka jadilah masing-masing atom membawa satu elektron, sehingga mereka menjadi radikal bebas.
A-A  --> •A + •A

jenis pemutusan ikatan yang kedua adalah pemutusan ikatan heterolitik (senyawa yang berbeda atom penyusunnya). Contohnya pemutusan ikatan A dengan B.

A : Saya mau kita cerai! saya sudah tidak nyaman bersama kamu!
B : Kalau memang kamu sudah tidak betah bersamaku, tidak ada lagi yang bisa saya lakukan…
A : Tapi saya ingin semua harta jadi milik saya.
B : Ambilah elektron milikku… tinggalkan aku seorang diri…

jadilah A membawa eletron milik B, sedangkan B kekurangan elektron.
A-B  --> A-  +  B+

Dari dua jenis pemutusan/pemecahan ikatan, saya bisa bercerita banyak. Tentang karakter ikatan yang rupanya mirip juga dengan manusia. Dua puluh tahun lagi, semoga kalian masih ingat apa yang saya ajarkan.

Saya kagum dengan dosenku ini. Dia mengajarkan kimia dengan metode bercerita. Seolah-olah senyawa-senya itu seperti manusia yang punya kehidupan. Sehingga sesuatu yang abstrak dapat kami mengerti dengan mudah. Gracias…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar