selamat datang.. mari share segala informasi ^^

Minggu, 20 Februari 2011

PETRUK YANG JUJUR

Si Petruk adalah seorang pria tua desa yang sehari-hari mencari nafkah di dalam hutan. Suatu hari, dia pergi ke hutan seperti biasa untuk mencari apa yang bisa menyambung hidupnya dan keluarganya. Tetapi pada saat menyeberang sungai, tiba-tiba kapak satu-satunya tercebur ke dalam sungai yang sangat dalam dan tidak bisa ditemukan. Dia meratapi kapaknya yg jatuh di pinggir sungai sambil berdoa kepada dewa Okami.

"Dewa tolonglah hamba... kapak hamba satu-satunya yang merupakan teman hamba untuk bekerja hilang hanyut di sungai."
Tiba-tiba dewa okami muncul sambil membawa sebuah kapak emas.
"Hai pria tua...apakah ini kapakmu yg hilang??"
"Bukan dewa, bukan itu kapak hamba" jawab petruk.
Tiba-tiba dewa menghilang dan muncul lagi dengan membawa sebuah kapak perak.
"Hai pria tua apakah ini kapakmu yg hilang??"
"Bukan dewa, tidak sebagus itu kapak hamba" jawab si petruk lagi.
Dewa okami hilang dan muncul lagi dengan membawa sebuah kapak usang.
"Hai orang tua, inikah kapakmu??"
"Betul dewa, itu kapak hamba" jawab petruk.

Dewa okami pun kagum dengan kejujuran dan kesederhanaan si petruk, dan akhirnya ketiga itu dia berikan semua pada si petruk. Bukan main senangna si petruk mendapat kapak emas dan perak dari dewa. Beberapa hari kemudian dia dan istrinya si item pergi ke sungai untuk mandi. Tiba-tiba banjir datang dan istrinya tidak sempat menyelamatkan diri dan hanyut ditelan banjir sungai itu. Petruk pun sangat sedih dan menangis karena kehilangan istrinya yg sangat dia cintai. Tiba-tiba dia ingat pada dewa Okami yg pernah menolongnya dan dia pun berdoa pada dewa okami. Tiba-tiba dewa pun datang sambil membawa anri sugihara.

"Pria tua, apakah ini istrimu yg hilang itu??".
Si petruk kaget dan menjawab,"betul dewa, itu istri hamba".
Dewa Okami sagat marah pada petruk.
"Hei pria tua jelek, dimana kejujuran yang pernah kau punya??? Aku tahu bahwa ini bukan istrimu!!!!"
Petruk pun dengan gemetar bicara,
"Dewa, kalau aku jujur dan bilang bahwa itu bukan istriku, maka engkau pasti akan datang lagi untuk yang ke dua kali membawa Aura kasih. Dan kalau kubilang lagi itu bukan istriku, maka engkau juga pasti akan datang lagi untuk yang ke tiga kali membawa istriku yg sebenarnya. Dan kalau aku bilang dengan jujur bahwa yang ketiga itu istriku, maka engkau pasti akan memberikan ketiga-tiganya untukku." tambahnya lagi "aku ini orang miskin dewa. aku tak sanggup untuk mempunyai 3 istri sekaligus.. jadi mohon maafkan hamba".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar